Sistem pendidikan di Turki
1.
Sistem
Pendidikan Negara Turki
a.
Pra
Sekolah
Ini adalah
pendidikan yang disediakan sebagai persiapan sekolah untuk persiapan anak untuk
pendidikan dasar. Tidak ada kewajiban, tetapi pendidikan pra-sekolah
didorong oleh negara dan lembaga terkait.
b.
Pendidikan
di sekolah dasar (primer pertama tahap)
Siswa,
yang berusia 66 bulan ke atas, akan belajar di sekolah dasar. Usia untuk
memulai pendidikan adalah 5 setengah tahun. Orang tua dapat memperoleh
laporan dari dokter tentang apakah anak tersebut memenuhi syarat untuk mulai
sekolah agar mendapat informasi tentang apakah ada masalah dalam memulai
sekolah. Di sisi lain, anak-anak yang memenuhi syarat untuk memulai sekolah
dapat secara otomatis memulai pendidikan sekolah dasar mereka, yang paling
dekat dengan alamat mereka, di Internet.
Selama 4
tahun pertama, yaitu di sekolah dasar (tingkat sekolah dasar), siswa akan
diajarkan dengan kurikulum yang lebih kurikuler. Pertama, mereka akan
dimasukkan dalam program persiapan sekolah tiga bulan. Siswa-siswa ini
akan mulai membaca bahasa Inggris sejak kelas dua dan budaya agama dan
pengetahuan moral dari kelas empat. Mereka juga akan dilatih melalui
kurikulum yang lebih visual dan pendengaran.
c.
Dalam
pendidikan menengah (Primer, tingkat kedua)
Transisi
ke sekolah menengah akan dilakukan melalui internet, secara elektronik, seperti
halnya transisi ke sekolah dasar. Tingkat kedua, yaitu sekolah menengah,
memberi siswa kesempatan untuk memiliki hak bebas dan pengambilan keputusan dalam
proses pendidikan mereka sesuai dengan pemahaman mereka tentang masyarakat
sipil dan negara demokratis sebagai individu yang lebih bebas. Tujuan
sekolah menengah adalah untuk memberikan pelatihan keterampilan ketrampilan
atau siswa. Untuk alasan ini, kursus elektif disediakan. Ada Nilai
Agama dan Moral, Tata Bahasa, Bahasa Asing, Sains, Seni, Olahraga dan Ilmu
Sosial dalam kursus elektif di sekolah menengah. Seorang siswa akan
memilih pelajaran yang diinginkan dari bidang yang dia inginkan, dengan catatan
visual delapan jam seminggu. Hak untuk mengambil mata pelajaran pilihan
selain mata pelajaran wajib di sekolah menengah, tergantung pada keinginan dan
preferensi siswa atau orang tua.
d.
Pendidikan
di sekolah tinggi (Menengah)
Transisi
ke sekolah menengah akan ditentukan oleh TEOG yang akan diadakan
pada akhir kelas 8, kelas 4 sekolah menengah (terakhir) . Ujian ini
terdiri dari pelajaran yang terlihat di sekolah menengah. TEOG pembaruan
dari SBS , diadakan
untuk pertama kalinya pada tahun 2014. Kemudian mengalami pembaruan pada
tahun akademik 2017-18 menjadi (LGS).
SMA di Turki;
1)
Sekolah Menengah
Kejuruan ( Sekolah Menengah Kejuruan
dan Teknik Anatomi)
5)
Sekolah
Menengah Umum (hingga 2013)
Kementerian melanjutkan
upayanya untuk mengubah sekolah
menengah umum menjadi sekolah menengah Anatolia dan
untuk memperluas sekolah
menengah kejuruan . Sementara hak untuk
absensi di sekolah menengah adalah 10 hari di kelas 9, 10 dan 11, itu adalah 45
hari di kelas 12. Ini karena siswa senior diberikan waktu tambahan untuk
mempersiapkan ujian universitas.
Sekolah
menengah malam dapat dianggap sebagai pendidikan menengah di universitas. Mereka adalah sekolah
menengah atas dan terbuka
bagi orang-orang yang bukan lulusan sekolah menengah atas untuk
mendapatkan ijazah pendidikan menengah.
Di sekolah menengah Anatolia, siswa memilih departemen mereka setelah tahun
ketiga (kelas 11) sebagai tm (turki-math equal weight), mf (matematika-science
numerical weight), ts (turki-social verbal weight) dan language (bahasa inggris
weight). dimulai.
Sistem
ini juga berlaku di Sekolah
Menengah Kejuruan dan Teknik Anatomi . Satu-satunya
perbedaan adalah bahwa sekolah menengah
Anatolia memilih departemen di kelas
11. Sekolah
menengah kejuruan memilih departemen mereka
sendiri yang terkait dengan profesi mereka setelah tahun pertama (ketika lulus
ke kelas 10). Selain itu, ada kewajiban untuk bekerja sebagai peserta
pelatihan di kelas 10, 11 dan
12 . Dengan melakukan magang, siswa belajar kehidupan bisnisnya
terkait dengan profesinya, mendapat gaji dan mendapat catatan kuliah
tentang magangnya dari tempat kerjanya .
e.
Universitas
pendidikan (Pendidikan Tinggi)
Ujian Seleksi dan
Penempatan Siswa dilaksanakan dalam dua
sesi, satu di pagi dan sore hari, pada hari yang sama di tahun 1974 dan 1975,
hari yang sama dan satu sesi di tahun 1976-1980; Itu telah berubah menjadi
ujian dua langkah sejak 1981. Ujian Seleksi Mahasiswa (ÖSS), yang
merupakan langkah pertama dalam sistem ujian dua digit, diberikan pada bulan
April, dan Ujian Penempatan Siswa (ÖYS), yang merupakan langkah kedua, diurus
pada bulan Juni.
1.
Sejak 1974 , preferensi
program pendidikan tinggi dikumpulkan
dari para kandidat dan para kandidat ditempatkan secara terpusat dalam
program pendidikan tinggi sesuai
dengan skor dan preferensi mereka .
2.
Sejak 1982 ,
nilai kandidat diploma dari lembaga pendidikan menengah telah mulai dikumpulkan
dan nilai-nilai ini telah ditambahkan ke nilai ujian dengan bobot tertentu di
bawah nama Skor Prestasi Pendidikan Sekunder (OBP).
3.
Sejak tahun
1987 , kandidat yang
mengumpulkan preferensi mereka mengenai program pendidikan tinggi di bidang
tertentu telah diberi kesempatan untuk menjawab tes tertentu dan tidak menjawab
yang lain.
4.
Pada tahun 1999 langkah
kedua ujian dua langkah (LMS Ujian Penempatan Siswa) telah dihapus, dan ujian
telah diubah menjadi ujian satu langkah dengan nama ÖSS. Dengan
diperkenalkannya ujian sebagai satu digit, jenis skor beberapa program
pendidikan tinggi juga telah berubah. Selain itu, skor pencapaian
pendidikan menengah tertimbang (AOBP), yang diciptakan dengan menimbang OBP para
kandidat sesuai dengan rata-rata poin mentah ÖSS dari lembaga pendidikan
menengah yang mereka tamat, mulai dihitung dan menempatkan program pendidikan
tinggi dalam program pendidikan tinggi di luar wilayah yang mereka lulus,
dengan koefisien lulusan yang tinggi dari pendidikan menengah. Di sisi lain,
praktik mengalikan AOBP dengan koefisien rendah dimulai. OSS '
5.
Pada tahun
2003 , koefisien di mana AOBP
dikalikan dengan sistem titik ÖSS dan AOBP diubah.
6.
Dengan amandemen
yang dibuat pada tahun 2006 ,
beberapa pertanyaan diajukan dalam jenis ÖSS seperti tahun-tahun sebelumnya, dan
beberapa di antaranya disiapkan dengan mempertimbangkan seluruh kurikulum
sekolah menengah. Aplikasi berlanjut sebagai satu langkah.
7.
Sistem YGS & LYS berlaku antara
2010-2017 .
8.
Pada Tahun 2018, ujian YKS telah
dimulai dan telah berubah menjadi dua ujian, TYT dan AYT pada
bulan Juni . Sesi YKS diadakan pada hari Sabtu dan sesi AYT dan
Bahasa Asing diadakan pada hari Minggu. Jenis skor dalam sistem ini berbeda
dari YGS-LYS.
Tipe
YGS-1,2,3,4,5 dan 6 poin di YGS-LYS bergabung untuk membentuk tipe skor TYT.
Tipe MF-1,2,3 dan 4 poin digabungkan untuk membentuk tipe skor MF. TM, TS dan
Bahasa Tipe skor -1,2 dan 3 digabungkan untuk membentuk tipe skor TM, TS dan
Bahasa.
sistem yang ada
biasanya ada dua perbedaan sebagai fakultas dan perguruan tinggi. Fakultas
biasanya memakan waktu empat tahun. Sekolah kejuruan umumnya ditujukan
untuk lulusan sekolah menengah kejuruan dan komersial dan umumnya menyediakan
pendidikan dua tahun.
Hal ini tidak untuk
dilempar dari universitas di Turki. Selain itu, seorang mahasiswa dapat
mentransfer sesuai keinginan (tergantung pada nilai nilainya). Selain itu,
setelah kelas umum yang ia pelajari di fakultas yang ia pilih untuk tahun
pertama, ia mulai belajar dengan memilih departemennya sendiri di tahun kedua
(seperti pendidikan sekolah menengah). Namun, ini tidak berlaku untuk
semua universitas.
untuk universitas
mengajar pertama di Turki, ada tiga cabang terpisah dari pendidikan, termasuk
pendidikan menengah dan pendidikan terbuka.
a)
Pendidikan dasar :
Pendidikan normal.
b)
Pendidikan kedua : Pendidikan sore
atau akhir pekan. Secara umum, tingkat pendidikan lebih rendah.
c)
Pendidikan terbuka :
Tidak ada kewajiban untuk menghadiri kelas di universitas. Hanya ujian
yang diambil.
Selain
itu, biaya kontribusi, yang dikenal sebagai biaya sekolah, tidak dikumpulkan
dari siswa yang menghadiri pendidikan dasar, tetapi siswa pendidikan menengah
dan terbuka membayar biaya ini.Selain itu, siswa yang tinggal di asrama dan
yang memenuhi syarat untuk evaluasi yang dilakukan menerima 150 TL (seratus
lima puluh lira Turki) bantuan yang tidak dapat dikembalikan. Selain itu,
Direktorat Jenderal Lembaga Kredit dan Asrama membayar 400 TL (empat ratus lira
Turki) kepada siswa dengan status keuangan yang buruk, mulai dari Januari 2015
dalam lingkup beasiswa dan peluang pinjaman. mereka membayar biaya ini dengan
konfigurasi setelah lulus.
Selain itu, orang yang menyelesaikan pendidikan universitasnya dapat mengikuti ujian bernama ALES dan menerima gelar master. Ini juga disebut pendidikan master. Ini dibagi menjadi dua sebagai Master dengan dan tanpa Tesis. Tujuan dari program master dengan tesis adalah untuk memungkinkan siswa untuk mendapatkan kemampuan untuk mengakses, mengevaluasi dan menafsirkan informasi dengan melakukan penelitian ilmiah. Tujuan dari program master tanpa tesis adalah untuk memberikan siswa dengan pengetahuan yang mendalam tentang subjek profesional dan untuk menunjukkan cara menggunakan informasi yang tersedia dalam praktek. Setelah lulus dari fakultas atau perguruan tinggi, gelar PhD adalah gelar atau langkah yang diakses dengan ujian dan karya ilmiah dalam disiplin itu.
2. Pendidikan Agama di turki
Pada tahun 1924 dilakukan penghapusan
madrasah, penutupan madrasah ini dikarenakan madrasah juga berbahaya pada
perkembangan aktual pendidikan remaja. Dilanjutkan, Pada Tahun 1925 diterbitkan UU baru yang
menghapuskan segala faktor-faktor yang dapat mencegah sekularisasi.
Pondok-pondok darwis diharuskan ditutup didalam isi undang-undang itu. Pada
tahun 1927-1930 diajukan pengadaan pendidikan Agama elektif. Pada tahun 1932
pendidikan agama seluruhnya diserahkan tanggung jawabnya kepada orang tua siswa
alih-alih untuk menghapuskan bahasa arab dan bahasa persia dalam bahasa latin
dan yunani.
Antara tahun 1924 hingga tahun 1939 dibuka
kursus keagamaan yang jumlahnya terus meningkat dari hanya 9 pada tahun 1940-an
menjadi 65. Kemudian, pada tahun 1947 menjadi 99 dan terus meningkat pada tahun
1948 menjadi 118. Pada juli 1947 majelis nasional turki agung mengadopsi
keputusan “garis besar pengajaran Agama” membuka ruang kelas pendidikan agama
dengan syarat mendapatkan izin dari kementerian pendidikan Sebagai hasil
dari diskusi, diputuskan bahwa mata pelajaran pilihan harus diajarkan sebagai
mata pelajaran pilihan di kelas 3 dan 4 sekolah dasar. Pada 15 Februari
1949, dengan syarat orang tua telah menulis permintaan dan diberikan di luar
jam pelajaran, kelas-kelas agama mulai diajarkan di semua sekolah dasar.
Setelah 1950, ketika Partai Demokrat
berkuasa, pelajaran agama dimasukkan dalam program normal sekolah dasar, dan
metode mengajukan petisi kepada mereka yang tidak ingin mengambil pelajaran
agama mulai dilaksanakan. Pada tahun 1956, diputuskan untuk menambahkan
pelajaran agama ke kurikulum sekolah menengah. Pada tahun 1967, diputuskan
untuk mengajar kursus agama pilihan di kelas 1 dan 2 sekolah menengah.
Pada tahun 1973, selama pemerintahan koalisi CHP-MSP, pelajaran moral wajib mingguan diperkenalkan ke semua kelas di mana pelajaran agama diajarkan, dan diputuskan untuk mengajarkan pelajaran ini oleh guru agama. Pasal 24 Konstitusi 1982 menunjuk pada "pendidikan dan pelatihan agama dan moral di bawah pengawasan dan kontrol negara". Dalam konteks ini, sejak tahun 1983, pelajaran "budaya agama dan pengetahuan moral" wajib mulai diberikan dua jam seminggu di sekolah dasar, kelas 4 dan 5 dan kelas sekolah menengah 1, 2 dan 3, dan satu jam per minggu di sekolah setara sekolah menengah. Jumlah kursus Quran yang terdaftar, yang 658 pada tahun 1960, mencapai 4420 pada akhir 1980-an.
3.
Kurikulum
Pendidikan di Turki
Kurikulum
mingguan yang baru diterapkan telah disusun secara bertahap dan berbagai
perubahan telah dilakukan.
a)
Sekolah dasar
Total jam pelajaran di semua 4 kelas adalah 30
jam. Pelajaran matematika sekarang 5 jam seminggu, bukan
4. Pengajaran Bahasa Asing akan dimulai dari kelas 2. Kursus sains
akan berada di kelas tiga.
b) Sekolah Menengah
Pada tahun ajaran 2012-2013 total mata pelajaran adalah 36 jam di kelas 5 & 6 dan 37 jam di kelas 7 & 8. Jam Turki kurang dari sekolah dasar. Pelajaran Bahasa Inggris & Sains 4 jam. Akan ada 8 jam Kursus Pilihan.
Namun, mengalami perubahan pada tahun
2013-2014 total mata pelajaran menjadi 35
jam di kelas 5, 6, 7 & 8. Kursus Teknologi Informasi adalah 2 jam
seminggu di kelas 5 & 6. Pelajaran bahasa Inggris di kelas 5 & 6
selama 3 jam. Akan ada 6 jam Kursus Pilihan.
Adapun mata pelajaran dalam kurikulum sekolah menengah, 6 mata pelajaran per minggu harus
dipilih. Mata pelajaran pilihan adalah
pertanda pelatihan kejuruan di sekolah menengah dan universitas. Karena
siswa memilih mata
pelajaran sesuai dengan
kemampuan mereka, tetapi kuota tertentu diperlukan untuk kursus ini di
sekolah. Setiap kursus yang dipilih adalah 2 jam, tetapi kursus elektif di
bidang seni & olahraga juga dapat dipilih selama 4 jam. Kursus dan
bidang ini juga tersedia dalam kursus wajib tetapi lebih rinci.
Pelajaran |
Fokus |
Kelas kursus |
Alquran |
Agama dan pengetahuan moral |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Hz. Kehidupan Muhammad |
Agama dan pengetahuan moral |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Informasi Dasar Agama |
Agama dan pengetahuan moral |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Keterampilan Membaca |
Bahasa & Ekspresi |
Kelas 5,6 |
Keterampilan Menulis & Menulis |
Bahasa & Ekspresi |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Bahasa & Dialek Hidup |
Bahasa & Ekspresi |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Keterampilan Komunikasi &
Presentasi |
Bahasa & Ekspresi |
Kelas 7, 8 |
Bahasa Asing (Bahasa Asing Kedua
Diterima) |
Bahasa Asing |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Aplikasi Sains |
Sains & Matematika |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Praktek Matematika |
Sains & Matematika |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Lingkungan & Sains |
Sains & Matematika |
Kelas 7, 8 |
Teknologi & Perangkat Lunak
Informasi |
Sains & Matematika |
Kelas 7, 8 |
Seni Visual (Lukisan, Seni
Tradisional dll.) |
Seni & olahraga |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Musik |
Seni & olahraga |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Olahraga dan aktivitas fisik |
Seni & olahraga |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Drama |
Seni & olahraga |
Kelas 5,6 |
Permainan asah otak |
Seni & olahraga |
Kelas 5,6, 7, 8 |
Pendidikan berfikir |
Ilmu sosial |
Kelas 7, 8 |
Literasi media |
Ilmu sosial |
Kelas 7, 8 |
Hukum dan keadilan |
Ilmu sosial |
Kelas 5,6 |
Budaya Rakyat |
Ilmu sosial |
Kelas 5,6 |
Departemen
Pendidikan Nasional di Turki selain menetapkan kurikulum sekolah dasar, menyiapkan
dan menyetujui buku pelajaran dan alat peraga. Sebelum reformasi, mata
pelajaran antara lain; seni dan kerajinan, kewarganegaraan dan hak asasi
manusia, bimbingan karir, bahasa asing (Inggris, Perancis atau Jerman dari
kelas empat), Matematika, Musik, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Agama dan
Etika, IPA, IPS, Sejarah Turki, Bahasa dan Sastra Turki, dan keselamatan lalu
lintas dan pertolongan pertama. Sebelum reformasi pendidikan tahun 1997, siswa
melakukan lima tahun pendidikan dasar dan tiga tahun menengah (mirip dengan
yang struktur baru 4 + 4). Siswa lulus dari pendidikan menengah dianugerahi
Ortaokui Bitirme Diplomasi (Penyelesaian Diploma SMP). Dalam sistem pendidikan
sebelum tahun 2012, siswa bisa memulai studi lanjutan setelah lulus dari delapan
tahun sekolah dasar pada usia 14. Di bawah struktur baru, siswa masuk sekolah
menengah lanjutan setelah empat tahun sekolah dasar dan empat tahun sekolah
menengah. Di bawah kedua struktur, sekolah menengah atas berlangsung empat
tahun (kelas 9 sampai 12). Dalam era setelah tahun 2012, sekolah menengah atas
adalah wajib. Sebelum tahun akademik 2005-2006, sekolah menengah atas berjalan
selama tiga tahun (kelas 9 sampai 11). Setelah menyelesaikan sekolah menengah
atas, siswa dapat belajar di sebuah sekolah tinggi umum, teknik atau kejuruan.
Beberapa sekolah tinggi memiliki satu tahun tambahan kelas persiapan dalam
bahasa asing.
c) Sekolah Menengah Atas
Pada tabel di bawah ini, semua kurikulum mengacu pada jam kelas
mingguan. Ada beberapa materi yang ditandai dengan dua angka pada materi
pilihan, diperuntukkan bagi siswa yang tidak berkonsentrasi dalam bidang
tertentu, dan yang kedua bagi siswa dengan konsentrasi tertentu. Secara
keseluruhan, siswa menghabiskan 30 jam seminggu di kelas tanpa konsentrasi yang
spesifik. Mereka diminta untuk menyelesaikan 30 kredit per tahun untuk lulus.
Comments