Sistem pendidikan di Turki

 


1.         Sistem Pendidikan Negara Turki

a.        Pra Sekolah

Ini adalah pendidikan yang disediakan sebagai persiapan sekolah untuk persiapan anak untuk pendidikan dasar. Tidak ada kewajiban, tetapi pendidikan pra-sekolah didorong oleh negara dan lembaga terkait.

b.        Pendidikan di sekolah dasar (primer pertama tahap)

Siswa, yang berusia 66 bulan ke atas, akan belajar di sekolah dasar. Usia untuk memulai pendidikan adalah 5 setengah tahun. Orang tua dapat memperoleh laporan dari dokter tentang apakah anak tersebut memenuhi syarat untuk mulai sekolah agar mendapat informasi tentang apakah ada masalah dalam memulai sekolah. Di sisi lain, anak-anak yang memenuhi syarat untuk memulai sekolah dapat secara otomatis memulai pendidikan sekolah dasar mereka, yang paling dekat dengan alamat mereka, di Internet.

Selama 4 tahun pertama, yaitu di sekolah dasar (tingkat sekolah dasar), siswa akan diajarkan dengan kurikulum yang lebih kurikuler. Pertama, mereka akan dimasukkan dalam program persiapan sekolah tiga bulan. Siswa-siswa ini akan mulai membaca bahasa Inggris sejak kelas dua dan budaya agama dan pengetahuan moral dari kelas empat. Mereka juga akan dilatih melalui kurikulum yang lebih visual dan pendengaran.

c.         Dalam pendidikan menengah (Primer, tingkat kedua)

Transisi ke sekolah menengah akan dilakukan melalui internet, secara elektronik, seperti halnya transisi ke sekolah dasar. Tingkat kedua, yaitu sekolah menengah, memberi siswa kesempatan untuk memiliki hak bebas dan pengambilan keputusan dalam proses pendidikan mereka sesuai dengan pemahaman mereka tentang masyarakat sipil dan negara demokratis sebagai individu yang lebih bebas. Tujuan sekolah menengah adalah untuk memberikan pelatihan keterampilan ketrampilan atau siswa. Untuk alasan ini, kursus elektif disediakan. Ada Nilai Agama dan Moral, Tata Bahasa, Bahasa Asing, Sains, Seni, Olahraga dan Ilmu Sosial dalam kursus elektif di sekolah menengah. Seorang siswa akan memilih pelajaran yang diinginkan dari bidang yang dia inginkan, dengan catatan visual delapan jam seminggu. Hak untuk mengambil mata pelajaran pilihan selain mata pelajaran wajib di sekolah menengah, tergantung pada keinginan dan preferensi siswa atau orang tua.

d.        Pendidikan di sekolah tinggi (Menengah)

Transisi ke sekolah menengah akan ditentukan oleh TEOG yang akan diadakan pada akhir kelas 8, kelas 4 sekolah menengah (terakhir) . Ujian ini terdiri dari pelajaran yang terlihat di sekolah menengah. TEOG pembaruan dari SBS , diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 2014. Kemudian mengalami pembaruan pada tahun akademik 2017-18 menjadi (LGS).

SMA di Turki;

1)        Sekolah Menengah Kejuruan ( Sekolah Menengah Kejuruan dan Teknik Anatomi)

2)        Sekolah Menengah Anatolia

3)        Sekolah Menengah Sains

4)        Sekolah Tinggi Ilmu Sosial

5)        Sekolah Menengah Umum (hingga 2013)

Kementerian melanjutkan upayanya untuk mengubah sekolah menengah umum menjadi sekolah menengah Anatolia dan untuk memperluas sekolah menengah kejuruan . Sementara hak untuk absensi di sekolah menengah adalah 10 hari di kelas 9, 10 dan 11, itu adalah 45 hari di kelas 12. Ini karena siswa senior diberikan waktu tambahan untuk mempersiapkan ujian universitas.

Sekolah menengah malam dapat dianggap sebagai pendidikan menengah di universitas. Mereka adalah sekolah menengah atas dan terbuka bagi orang-orang yang bukan lulusan sekolah menengah atas untuk mendapatkan ijazah pendidikan menengah. Di sekolah menengah Anatolia, siswa memilih departemen mereka setelah tahun ketiga (kelas 11) sebagai tm (turki-math equal weight), mf (matematika-science numerical weight), ts (turki-social verbal weight) dan language (bahasa inggris weight). dimulai.

Sistem ini juga berlaku di Sekolah Menengah Kejuruan dan Teknik Anatomi . Satu-satunya perbedaan adalah bahwa sekolah menengah Anatolia memilih departemen di kelas 11. Sekolah menengah kejuruan memilih departemen mereka sendiri yang terkait dengan profesi mereka setelah tahun pertama (ketika lulus ke kelas 10). Selain itu, ada kewajiban untuk bekerja sebagai peserta pelatihan di kelas 10, 11 dan 12 . Dengan melakukan magang, siswa belajar kehidupan bisnisnya terkait dengan profesinya, mendapat gaji dan mendapat catatan kuliah tentang magangnya dari tempat kerjanya .

e.         Universitas pendidikan (Pendidikan Tinggi)

Ujian Seleksi dan Penempatan Siswa dilaksanakan dalam dua sesi, satu di pagi dan sore hari, pada hari yang sama di tahun 1974 dan 1975, hari yang sama dan satu sesi di tahun 1976-1980; Itu telah berubah menjadi ujian dua langkah sejak 1981. Ujian Seleksi Mahasiswa (ÖSS), yang merupakan langkah pertama dalam sistem ujian dua digit, diberikan pada bulan April, dan Ujian Penempatan Siswa (ÖYS), yang merupakan langkah kedua, diurus pada bulan Juni.

1.      Sejak 1974 , preferensi program pendidikan tinggi dikumpulkan dari para kandidat dan para kandidat ditempatkan secara terpusat dalam program pendidikan tinggi sesuai dengan skor dan preferensi mereka .

2.      Sejak 1982 , nilai kandidat diploma dari lembaga pendidikan menengah telah mulai dikumpulkan dan nilai-nilai ini telah ditambahkan ke nilai ujian dengan bobot tertentu di bawah nama Skor Prestasi Pendidikan Sekunder (OBP).

3.      Sejak tahun 1987 , kandidat yang mengumpulkan preferensi mereka mengenai program pendidikan tinggi di bidang tertentu telah diberi kesempatan untuk menjawab tes tertentu dan tidak menjawab yang lain.

4.      Pada tahun 1999 langkah kedua ujian dua langkah (LMS Ujian Penempatan Siswa) telah dihapus, dan ujian telah diubah menjadi ujian satu langkah dengan nama ÖSS. Dengan diperkenalkannya ujian sebagai satu digit, jenis skor beberapa program pendidikan tinggi juga telah berubah. Selain itu, skor pencapaian pendidikan menengah tertimbang (AOBP), yang diciptakan dengan menimbang OBP para kandidat sesuai dengan rata-rata poin mentah ÖSS dari lembaga pendidikan menengah yang mereka tamat, mulai dihitung dan menempatkan program pendidikan tinggi dalam program pendidikan tinggi di luar wilayah yang mereka lulus, dengan koefisien lulusan yang tinggi dari pendidikan menengah. Di sisi lain, praktik mengalikan AOBP dengan koefisien rendah dimulai. OSS '

5.      Pada tahun 2003 , koefisien di mana AOBP dikalikan dengan sistem titik ÖSS dan AOBP diubah.

6.      Dengan amandemen yang dibuat pada tahun 2006 , beberapa pertanyaan diajukan dalam jenis ÖSS seperti tahun-tahun sebelumnya, dan beberapa di antaranya disiapkan dengan mempertimbangkan seluruh kurikulum sekolah menengah. Aplikasi berlanjut sebagai satu langkah.

7.      Sistem YGS & LYS berlaku antara 2010-2017 .

8.      Pada Tahun 2018, ujian YKS telah dimulai dan telah berubah menjadi dua ujian, TYT dan AYT pada bulan Juni . Sesi YKS diadakan pada hari Sabtu dan sesi AYT dan Bahasa Asing diadakan pada hari Minggu. Jenis skor dalam sistem ini berbeda dari YGS-LYS.

Tipe YGS-1,2,3,4,5 dan 6 poin di YGS-LYS bergabung untuk membentuk tipe skor TYT. Tipe MF-1,2,3 dan 4 poin digabungkan untuk membentuk tipe skor MF. TM, TS dan Bahasa Tipe skor -1,2 dan 3 digabungkan untuk membentuk tipe skor TM, TS dan Bahasa.

 sistem yang ada biasanya ada dua perbedaan sebagai fakultas dan perguruan tinggi. Fakultas biasanya memakan waktu empat tahun. Sekolah kejuruan umumnya ditujukan untuk lulusan sekolah menengah kejuruan dan komersial dan umumnya menyediakan pendidikan dua tahun.

Hal ini tidak untuk dilempar dari universitas di Turki. Selain itu, seorang mahasiswa dapat mentransfer sesuai keinginan (tergantung pada nilai nilainya). Selain itu, setelah kelas umum yang ia pelajari di fakultas yang ia pilih untuk tahun pertama, ia mulai belajar dengan memilih departemennya sendiri di tahun kedua (seperti pendidikan sekolah menengah). Namun, ini tidak berlaku untuk semua universitas.

untuk universitas mengajar pertama di Turki, ada tiga cabang terpisah dari pendidikan, termasuk pendidikan menengah dan pendidikan terbuka.

a)        Pendidikan dasar : Pendidikan normal.

b)        Pendidikan kedua : Pendidikan sore atau akhir pekan. Secara umum, tingkat pendidikan lebih rendah.

c)        Pendidikan terbuka : Tidak ada kewajiban untuk menghadiri kelas di universitas. Hanya ujian yang diambil.

Selain itu, biaya kontribusi, yang dikenal sebagai biaya sekolah, tidak dikumpulkan dari siswa yang menghadiri pendidikan dasar, tetapi siswa pendidikan menengah dan terbuka membayar biaya ini.Selain itu, siswa yang tinggal di asrama dan yang memenuhi syarat untuk evaluasi yang dilakukan menerima 150 TL (seratus lima puluh lira Turki) bantuan yang tidak dapat dikembalikan. Selain itu, Direktorat Jenderal Lembaga Kredit dan Asrama membayar 400 TL (empat ratus lira Turki) kepada siswa dengan status keuangan yang buruk, mulai dari Januari 2015 dalam lingkup beasiswa dan peluang pinjaman. mereka membayar biaya ini dengan konfigurasi setelah lulus.

Selain itu, orang yang menyelesaikan pendidikan universitasnya dapat mengikuti ujian bernama ALES dan menerima gelar master. Ini juga disebut pendidikan master. Ini dibagi menjadi dua sebagai Master dengan dan tanpa Tesis. Tujuan dari program master dengan tesis adalah untuk memungkinkan siswa untuk mendapatkan kemampuan untuk mengakses, mengevaluasi dan menafsirkan informasi dengan melakukan penelitian ilmiah. Tujuan dari program master tanpa tesis adalah untuk memberikan siswa dengan pengetahuan yang mendalam tentang subjek profesional dan untuk menunjukkan cara menggunakan informasi yang tersedia dalam praktek. Setelah lulus dari fakultas atau perguruan tinggi, gelar PhD adalah gelar atau langkah yang diakses dengan ujian dan karya ilmiah dalam disiplin itu.

2.   Pendidikan Agama di turki

Pada tahun 1924 dilakukan penghapusan madrasah, penutupan madrasah ini dikarenakan madrasah juga berbahaya pada perkembangan aktual pendidikan remaja. Dilanjutkan,  Pada Tahun 1925 diterbitkan UU baru yang menghapuskan segala faktor-faktor yang dapat mencegah sekularisasi. Pondok-pondok darwis diharuskan ditutup didalam isi undang-undang itu. Pada tahun 1927-1930 diajukan pengadaan pendidikan Agama elektif. Pada tahun 1932 pendidikan agama seluruhnya diserahkan tanggung jawabnya kepada orang tua siswa alih-alih untuk menghapuskan bahasa arab dan bahasa persia dalam bahasa latin dan yunani.

Antara tahun 1924 hingga tahun 1939 dibuka kursus keagamaan yang jumlahnya terus meningkat dari hanya 9 pada tahun 1940-an menjadi 65. Kemudian, pada tahun 1947 menjadi 99 dan terus meningkat pada tahun 1948 menjadi 118. Pada juli 1947 majelis nasional turki agung mengadopsi keputusan “garis besar pengajaran Agama” membuka ruang kelas pendidikan agama dengan syarat mendapatkan izin dari kementerian pendidikan Sebagai hasil dari diskusi, diputuskan bahwa mata pelajaran pilihan harus diajarkan sebagai mata pelajaran pilihan di kelas 3 dan 4 sekolah dasar. Pada 15 Februari 1949, dengan syarat orang tua telah menulis permintaan dan diberikan di luar jam pelajaran, kelas-kelas agama mulai diajarkan di semua sekolah dasar.

Setelah 1950, ketika Partai Demokrat berkuasa, pelajaran agama dimasukkan dalam program normal sekolah dasar, dan metode mengajukan petisi kepada mereka yang tidak ingin mengambil pelajaran agama mulai dilaksanakan. Pada tahun 1956, diputuskan untuk menambahkan pelajaran agama ke kurikulum sekolah menengah. Pada tahun 1967, diputuskan untuk mengajar kursus agama pilihan di kelas 1 dan 2 sekolah menengah. 

Pada tahun 1973, selama pemerintahan koalisi CHP-MSP, pelajaran moral wajib mingguan diperkenalkan ke semua kelas di mana pelajaran agama diajarkan, dan diputuskan untuk mengajarkan pelajaran ini oleh guru agama.  Pasal 24 Konstitusi 1982 menunjuk pada "pendidikan dan pelatihan agama dan moral di bawah pengawasan dan kontrol negara". Dalam konteks ini, sejak tahun 1983, pelajaran "budaya agama dan pengetahuan moral" wajib mulai diberikan dua jam seminggu di sekolah dasar, kelas 4 dan 5 dan kelas sekolah menengah 1, 2 dan 3, dan satu jam per minggu di sekolah setara sekolah menengah. Jumlah kursus Quran yang terdaftar, yang 658 pada tahun 1960, mencapai 4420 pada akhir 1980-an. 

3.         Kurikulum Pendidikan di Turki

Kurikulum mingguan yang baru diterapkan telah disusun secara bertahap dan berbagai perubahan telah dilakukan.

a)        Sekolah dasar

Total jam pelajaran di semua 4 kelas adalah 30 jam. Pelajaran matematika sekarang 5 jam seminggu, bukan 4. Pengajaran Bahasa Asing akan dimulai dari kelas 2. Kursus sains akan berada di kelas tiga.

b)      Sekolah Menengah

Pada tahun ajaran 2012-2013 total mata pelajaran adalah 36 jam di kelas 5 & 6 dan 37 jam di kelas 7 & 8. Jam Turki kurang dari sekolah dasar. Pelajaran Bahasa Inggris & Sains 4 jam. Akan ada 8 jam Kursus Pilihan.

Namun, mengalami perubahan pada tahun 2013-2014 total mata pelajaran menjadi 35 jam di kelas 5, 6, 7 & 8. Kursus Teknologi Informasi adalah 2 jam seminggu di kelas 5 & 6. Pelajaran bahasa Inggris di kelas 5 & 6 selama 3 jam. Akan ada 6 jam Kursus Pilihan.

Adapun mata pelajaran dalam kurikulum sekolah menengah, 6 mata pelajaran per minggu harus dipilih. Mata pelajaran pilihan adalah pertanda pelatihan kejuruan di sekolah menengah dan universitas. Karena siswa memilih mata pelajaran sesuai dengan kemampuan mereka, tetapi kuota tertentu diperlukan untuk kursus ini di sekolah. Setiap kursus yang dipilih adalah 2 jam, tetapi kursus elektif di bidang seni & olahraga juga dapat dipilih selama 4 jam. Kursus dan bidang ini juga tersedia dalam kursus wajib tetapi lebih rinci.

Pelajaran

Fokus

Kelas kursus

Alquran

Agama dan pengetahuan moral

Kelas 5,6, 7, 8

Hz. Kehidupan Muhammad

Agama dan pengetahuan moral

Kelas 5,6, 7, 8

Informasi Dasar Agama

Agama dan pengetahuan moral

Kelas 5,6, 7, 8

Keterampilan Membaca

Bahasa & Ekspresi

Kelas 5,6

Keterampilan Menulis & Menulis

Bahasa & Ekspresi

Kelas 5,6, 7, 8

Bahasa & Dialek Hidup

Bahasa & Ekspresi

Kelas 5,6, 7, 8

Keterampilan Komunikasi & Presentasi

Bahasa & Ekspresi

Kelas 7, 8

Bahasa Asing (Bahasa Asing Kedua Diterima)

Bahasa Asing

Kelas 5,6, 7, 8

Aplikasi Sains

Sains & Matematika

Kelas 5,6, 7, 8

Praktek Matematika

Sains & Matematika

Kelas 5,6, 7, 8

Lingkungan & Sains

Sains & Matematika

Kelas 7, 8

Teknologi & Perangkat Lunak Informasi

Sains & Matematika

Kelas 7, 8

Seni Visual (Lukisan, Seni Tradisional dll.)

Seni & olahraga

Kelas 5,6, 7, 8

Musik

Seni & olahraga

Kelas 5,6, 7, 8

Olahraga dan aktivitas fisik

Seni & olahraga

Kelas 5,6, 7, 8

Drama

Seni & olahraga

Kelas 5,6

Permainan asah otak

Seni & olahraga

Kelas 5,6, 7, 8

Pendidikan berfikir

Ilmu sosial

Kelas 7, 8

Literasi media

Ilmu sosial

Kelas 7, 8

Hukum dan keadilan

Ilmu sosial

Kelas 5,6

Budaya Rakyat

Ilmu sosial

Kelas 5,6

Departemen Pendidikan Nasional di Turki selain menetapkan kurikulum sekolah dasar, menyiapkan dan menyetujui buku pelajaran dan alat peraga. Sebelum reformasi, mata pelajaran antara lain; seni dan kerajinan, kewarganegaraan dan hak asasi manusia, bimbingan karir, bahasa asing (Inggris, Perancis atau Jerman dari kelas empat), Matematika, Musik, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Agama dan Etika, IPA, IPS, Sejarah Turki, Bahasa dan Sastra Turki, dan keselamatan lalu lintas dan pertolongan pertama. Sebelum reformasi pendidikan tahun 1997, siswa melakukan lima tahun pendidikan dasar dan tiga tahun menengah (mirip dengan yang struktur baru 4 + 4). Siswa lulus dari pendidikan menengah dianugerahi Ortaokui Bitirme Diplomasi (Penyelesaian Diploma SMP). Dalam sistem pendidikan sebelum tahun 2012, siswa bisa memulai studi lanjutan setelah lulus dari delapan tahun sekolah dasar pada usia 14. Di bawah struktur baru, siswa masuk sekolah menengah lanjutan setelah empat tahun sekolah dasar dan empat tahun sekolah menengah. Di bawah kedua struktur, sekolah menengah atas berlangsung empat tahun (kelas 9 sampai 12). Dalam era setelah tahun 2012, sekolah menengah atas adalah wajib. Sebelum tahun akademik 2005-2006, sekolah menengah atas berjalan selama tiga tahun (kelas 9 sampai 11). Setelah menyelesaikan sekolah menengah atas, siswa dapat belajar di sebuah sekolah tinggi umum, teknik atau kejuruan. Beberapa sekolah tinggi memiliki satu tahun tambahan kelas persiapan dalam bahasa asing.

c)      Sekolah Menengah Atas

Pada tabel di bawah ini, semua kurikulum mengacu pada jam kelas mingguan. Ada beberapa materi yang ditandai dengan dua angka pada materi pilihan, diperuntukkan bagi siswa yang tidak berkonsentrasi dalam bidang tertentu, dan yang kedua bagi siswa dengan konsentrasi tertentu. Secara keseluruhan, siswa menghabiskan 30 jam seminggu di kelas tanpa konsentrasi yang spesifik. Mereka diminta untuk menyelesaikan 30 kredit per tahun untuk lulus.

Comments

Popular Posts